Tips & Trick Menghafal Qur'an

Setelah mengetahui betapa pentingnya, betapa agungnya menghafal qur'an, kali ini aku akan berbagi tips menghafal qur'an yang memang cocok untuk aku sesuai dengan kemampuanku. Menghafal sebenarnya tidak perlu cepat-cepat.  Menghafal itu harus faham juga apa yang kita hafal. Nikmati setiap prosesnya, hafalkan meski tidak hafal-hafal.

Sebelum ke inti, aku akan memberi tahu qur'an apa, sih yang enak untuk menghafal? Menurutku, dan yang sekarang aku pakai adalah qur'an dari Syaamil Qur'an yang Tikrar.
Nah, biasanya aku memakai qur'an itu, jadi memudahkan dalam menghafal. Untuk tata caranya kita akan bahas di tips menghafal berikut ini.

1. Niat
Benahi niat terlebih dahulu. Karena Allah, semuanya hanya untuk Allah, dan yakin bahwa kamu pasti bisa. Kamu pasti bisa menghafalkan 30 juz dengan hafalan yang mutqin. Aamiin.

2. Baca Terjemah
Karena menghafal bukan sekedar menghafal saja, jadi wajib sekali untukembaca terjemahan terlebih dahulu. Qur'an yang di pakai bisa apa saja tapi di rekomendasikan terjemahannya yang per kata, agar membantu kita mengetahui pet katanya, insya Allah. Waktu yang di butuhkan tidak lama, kok. Biasanya hanya 5 menit saja sudah cukup.

3. Mengulang-ulang
Ini metode paling ampuh bagi semua kalangan. Dengan mengulang-ulang, otak kita seperti merekam apa yang kita ucapkan dan apa yang kita lihat. Masuk ke metode menghafal menggunakan qur'an hafalan Tikrar, seperti gambar di atas, dalam 1 halaman, terdapat 4 maqra (blok). Ini memudahkan kita untuk membagi-bagi dalam pengulangan. Setiap 1 maqra atau blok yang berwarna putih dan biru, dilakukan pengulangan 40 kali. Tapi, karena aku dikejar waktu, harus setoran 1 hari 1 halaman dan belum lagi muroja'ah, aku melakukan pengulangan sebanyak 20x. Itu  pilihan kamu, tapi yang baik adalah 40x pengulangan. 10x pengulangan di baca dan 10x selanjutnya tanpa melihat, atau 30x selanjutnya tanpa melihat untuk yang melakukan 40x pengulangan. Tapi, ini juga tergantung kemampuan masing-masing.so, keep enjoy.

Setiap melakukan 5 pengulangan biasakan di beri tanda pada kolom yang di sediakan, untuk simbolnya bebas. Aku biasa menggunakan bintang, kadang kalau lagi alay pake love. Di atas halaman aku juga selalu menambahkan motivasi untuk diri sendiri. Hehe. Maklum jomblo.

Setelah selesai di blok yang pertama lakukan ke blok selanjutnya sampai 1 halaman. Atau kalau hanya bisa 1/2 halaman saja, tidak apa-apa. Yang penting istiqomah.

Oh, iya. Ciptakan suasana menghafal yang nyaman. Duduknya nyaman, tidak berisik, adem. Biasanya aku suka sambil minum kopi, atau minuman lainnya agar lebih konsentrasi, asal jangan minum yang haram, saja ya. Hehe.

Ya, begitulah tips-tips menghafal dariku. Ingat, hafalkan meski tidak hafal-hafal, karena hafalan ini datangnya dari Allah, jadi memohonlah kepada Allah agar semuanya di mudahkan dan di lancarkan, jangan lupa juga meminta doa dari kedua orangtua.

Wallahu a'lam bish-showab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Bapak Tentang Nikah Muda

Sebuah Perjalanan